Ini harga 'asli' iPhone SE, beda jauh dari penawaran Apple!

Ini harga 'asli' iPhone SE, beda jauh dari penawaran Apple!

 Apple menjual iPhone SE dengan harga mulai USD 399 untuk varian berkapasitas memori 16GB. Tapi tahukah Anda bila harga seluruh komponen yang ada di iPhone SE tak semahal itu.
Berdasarkan pembongkaran yang dilakukan oleh Chipworks dan IHS, harga iPhone SE jika dilihat dari komponennya diperkirakan hanya USD 160 atau Rp 2,1 juta. Ini tentu sangat jauh dari harga yang diberikan Apple, yakni USD 399 atau Rp 5,3 juta. Bahkan di beberapa negara seperti India harganya melambung jadi Rp 8,5 juta.
Bahkan, iPhone SE versi 64GB harga seluruh komponennya adalah Rp 2,2 juta, dan dijual oleh Apple mulai harga Rp 6,6 juta. Ya, sejatinya hanya butuh Rp 100 ribuan untuk mengganti memori internal 16GB ke 64GB.
Lalu, mengapa harga iPhone SE bisa sangat mahal? Apakah Apple terlalu banyak mengambil keuntungan? Jawabannya bisa ya dan tidak. Pertama harus diketahui bila harga 'mahal' iPhone SE yang dibayarkan oleh pembeli tidak hanya untuk membayar komponen, tetapi berbagai biaya lain seperti marketing, perakitan, dan masih banyak lagi. Tapi, wajarkah margin harga sebanyak itu?
Sumber: Merdeka.com

0 Response to "Ini harga 'asli' iPhone SE, beda jauh dari penawaran Apple!"

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();